Minggu, 02 Januari 2011

PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) PER KD DAN INDIKATOR

Nama Sekolah : SMK
Mata Pelajaran : BIOLOGI
Kelas / Program : XII
Tahun Pelajaran : 2008/2009

Kompetensi Dasar/Indikator Kriteria Pencapaian Ketuntasan Belajar Siswa (KD/Indikator) Kriteria Ketuntasan Minimal
Komplek
Sitas Daya dukung Intake Penentuan KKM
1. Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan

1.1. Merencanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
1.2. Melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
1.3. Mengkomunikasikan hasil percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan

2. Memahami pentingnya proses metabolisme pada organisme

2.1. Mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme
2.2. Mendeskripsikan proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat

3. Memahami konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada salingtemas

3.1. Menjelaskan konsep gen, DNA, dan kromosom
3.2. Menjelaskan hubungan gen, DNA, RNA, Polipeptida, dan Sintesis protein
3.3. Menjelaskan keterkaitan antara proses pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan sifat
3.4. Menerapkan prinsip hereditas dalam mekanisme pewarisan sifat
3.5. Menjelaskan peristiwa mutasi dan implikasinya dalam salingtemas


4. Memahami teori evolusi serta implikasinya pada salingtemas

4.1. Menjelaskan teori, prinsip, dan mekanisme evolusi Biologi
4.2. Mengkomunikasikan hasil studi evolusi
4.3. Mendeskripsikan kecenderungan baru tentang teori evolusi

5. Memahami prinsip-prinsip dasar bioteknologi serta implikasinya pada salingtemas

5.1. Menjelaskan arti, prinsip dasar, dan jenis-jenis bioteknologi
5.2. Mendeskripsikan implikasi bioteknologi pada sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat


65

62

65





63

55





62
57

65


55

65






65

65
55





75

65







65

65

70





58

55





65
55

60


55

60






60

60
60





65

62


62

62

62





62

62





62
62

62


62

62






62

62
62





62

62


64

64

63

65


59,1


61

57,3


60,5


63
58

62,3


57,3

62,3



61,2


62,3

62,3
59


65,1


67,3

63

61,98
................, ……………….20 …..
Mengetahui
Kepala SMK Guru Mata Pelajaran,





PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) PER KD DAN INDIKATOR

Nama Sekolah : SMK
Mata Pelajaran : BIOLOGI
Kelas / Program : X
Tahun Pelajaran : 2008/2009

Kompetensi Dasar/Indikator Kriteria Pencapaian Ketuntasan Belajar Siswa (KD/Indikator) Kriteria Ketuntasan Minimal
Komplek
Sitas Daya dukung Intake
1. Memahami hakekat biologi sebagai ilmu
1.1. Mengidentifikasi ruang lingkup biologi
1.2. Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma)

2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan mahluk hidup
2.1. Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi dan peranan virus dalam kehidupan
2.2. Mendeskripsikan ciri-ciri Archaebakteria dan Eubakteria dan peranannya dalam kehidupan
2.3. Menyajikan ciri-ciri umum phylum dalam kingdom protista, dan peranannya bagi kehidupan
2.4. Mendeskripsikan ciri-ciri dan jenis-jenis jamur berdasarkan hasil pengamatan, percobaan dan kajian literatur serta peranannya bagi kehidupan

3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
3.1. Mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem melalui kegiatan pengamatan
3.2. Mengkomunikasikan keanekaragaman hayati Indonesia dan usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam
3.3. Mendeskripsikan ciri-ciri divisio dalam dunia tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
3.4. Mendeskripsikan ciri-ciri phylum dalam dunia hewan dan peranannya bagi kehidupan

4. Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
4.1. Mendeskripsikan peran komponen ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan
4.2. Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah perusakan/pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan
4.3. Menganalisis jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah
4.4. Membuat produk daur ulang limbah
65
50






65

50

50


65





60

65


50


50






55



70



65

50

60
55






65

55

50


70





60

65


65


60






65



65



65

55
66
66






66

66

66


66





66

66


66


66






66



66



66

66 60
63
57




61

65,3

57

55,3


67




61,5
62

65,3


60,3


58,6



62,8


62



67



65,3

57

61,32

................, ……………….20 …..
Mengetahui
Kepala SMK Guru Mata Pelajaran,







PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) PER KD DAN INDIKATOR

Nama Sekolah : SMK.
Mata Pelajaran : BIOLOGI
Kelas / Program : XI
Tahun Pelajaran : 2008/2009

Kompetensi Dasar/Indikator Kriteria Pencapaian Ketuntasan Belajar Siswa (KD/Indikator) Kriteria Ketuntasan Minimal
Komplek
Sitas Daya dukung Intake Penentuan KKM
1. Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan
1.1. Mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan
1.2. Mengidentifikasi organel sel tumbuhan dan hewan
1.3. Membandingkan mekanisme transpor pada membran (difusi, osmosis, transpor aktif, endositosis dan eksositosis)

2. Memahami keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan, serta peranannya dalam konteks salingtemas
2.1. Mengidentifikasi strukutr jaringan tumbuhan dan mengkaitkannya dengan fungsinya, menjelaskan sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan
2.2. Mendeskripsikan struktur jaringan hewan vertebrata dan mengkaitkannya dengan fungsinya

3. Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan / penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada salingtemas
3.1. Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi dan proses serta kelainan / penyakit yang dapat terjadi pada sisitem gerak pada manusia
3.2. Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi dan proses serta kelaianan dan penyakit yang dapat terjadi pada sistem peredaran darah
3.3. Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi dan proses serta kelaianan dan penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan (misal Ruminansia)
3.4. Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi dan proses serta kelaianan dan penyakit yang dapat terjadi pada sistem pernapasan pada manusia dan hewan (misalnya burung)
3.5. Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi dan proses serta kelaianan dan penyakit yang dapat terjadi pada sistem ekskresi pada manusia dan hewan (misalnya ikan dan serangga)
3.6. Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi dan proses serta kelaianan dan penyakit yang dapat terjadi pada sistem regulasi pada manusia (saraf,endokrin, dan penginderaan)
3.7. Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi dan proses yang meliputi pembentukan sel kelamin, ovulasi, menstruasi, feretilisasi dan pemberian asi serta kelainan penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia
3.8. Menjelaskan mekanisme pertahanan tubuh terhadap benda asing berupa antigen dan bibit penyakit

65


65

55






60



50







60


60


63



65



60




55



55





60

65


60

55






60



55







65


65


60



60



60




50



50





60

64


64

64






64



64







64


64


64



64



64




64



64





64 61,8

64,6


63

58


59,4


61,3


57,6




60,8



63


63


62,3



63



61,3




56,3



56,3





61,3

60,6
................, ……………….20 …..
Mengetahui
Kepala SMK Guru Mata Pelajaran,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar